Tahukah Anda, 6 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

6 khasiat daun sirsak picture

6 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan - Tanaman sirsak atau dengan nama latinnya Annona muricata L. merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pada sebuah penelitian menjelaskan bahwa khasiat yang ditawarkan dari tanaman ini sangat beragam, mulai dari dari buah, daun, dan pohonya sangat bermanfaat bagi manusia.

Dibalik khasiatnya, daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang sangat baik untuk tubuh, seperti mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Pada sebuah study mengatakan, khasiat daun sirsak sangat efektif untuk pengobatan beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, pankreas dan paru-paru. Selain untuk pengobatan kanker tersebut, khasiat daun sirsak yang lainnya seperti menghambat pertumbuhan bakteri ataupun parasit, membantu merileksasikan otot, sebagai obat anti kejang, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, membantu menyehatkan jantung, membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil, dan lain-lain.

Dibawah ini ada 6 khasiat daun sirsak yang baik untuk kesehatan, seperti:

  1. Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker

    Pada sebuah penelitian, para ahli dari Purdue University Amerika Serikat menjelaskan khasiat daun sirsak memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang berbahaya seperti kanker. Pada penelitian tersebut bahwa kandungan yang terdapat didalam daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker

  2. Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Asam Urat

    Daun sirsak sering dijadikan pengobatan alternatif untuk mengobati asam urat. Penggunaanya cukup dengan mencari daun sirsak yang cukup tua namun masih kelihatan hijau, petiklah kira-kira 6-10 lembar dan cucilah dengan air bersih, potong-potonglah daun sirsak tersebut lalu rebus dengan 2 gelas air, biarkanlah mendidih hingga air tersisa 1 gelas, minumlah ramuan tersebut setiap pagi dan malam hari.

  3. Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Sakit Pinggang

    Sakit pinggang merupakan salah satu penyakit yang timbul karena beban kita berkerja terlalu berat atapun hal-hal tertentu yang menimbulkan pinggang kita bermasalah. Cara penggunaanya petikalah 20 lembar daun sirsak lalu rebuslah dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga 3 gelas, dan minumlah ramuan tersebut 1 hari sekali.

  4. Khasiat Daun Sirsak untuk Membantu Sistem kekebalan tubuh

    Daun sirsak mengandung beberapa senyawa yang dipercaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya petiklah 4 sampai 5 lembar daun sirsak, rebuslah dengan 4 gelas air dan setelah mendidih hingga tersisa 1 gelas, lalu minumlah 1 hari sekali.

  5. Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Reumatik

    Cara penggunaanya, tumbuklah sampai halus lalu tempelkan ramuan tersebut kepada tubuh yang terasa sakit. Obatilah 1 haru sekali secara teratur.

  6. Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Bisul

    Untuk mengobati bisul sangatlah mudah yaitu dengan menggunakan daun sirsak yang masih muda, petiklah dan lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

Semoga bermanfaat...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tahukah Anda, 6 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan